Minggu, 06 Maret 2016

Seminar IT BEM Fasilkom 2013 "Pemanfaatan Linux pada Implementasi Dasar Jaringan Komputer" Universitas Narotama

(Foto : Kebersaman sesi akhir acara pengurus BEM fasilkom 2013, 
Panitia seminar serta pemateri dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer)

        Dokumentasi ini adalah dokumentasi 21 September 2013, saat saya menjabat sebagai Gubernur BEM Fasilkom 2013, atau istilah lainnya adalah Ketua BEM fasilkom 2013. Kala itu seminar ini adaah seminar yang saya lakukan kedua kalinya setelah dulu pada tahun 2012 saya masih menjabat sebagi ketua panitia seminar pada era masa jabatan teman saya ditahun 2012 saat menjadi Gubernur BEM. di tahun 2013 saya terpilih dan terlantik menjadi penerus gubernur BEM fasilkom periode 2013-2014. Seminar ini adalah Program kerja kedua setelah program kerja pertama yaitu buka puasa bersama pada tanggal 28 Juli 2013, dan program kerja seminar ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2013 hari sabtu pukul 13.00 selesai hingga pukul 17.00 WIB bertempatkan di Convention Hall Universitas Narotama.
       Saat saya menjalankan tugas dan tanggung jawab saya sebagai Gubernur BEM Fasilkom 2013 banyak sekali tantangan, hambatan yang saya lalui. Tetapi itu semua tidak membuat saya menyerah untuk terus menyelesaikan hingga akhir periode pergantian selanjutnya. Banyak sekali pelajaran, ilmu yang saya dapatkan. Mulai dari belajar membiasakan diri untuk memberi sambutan diruang yang begitu luas di Convention Hall Universitas Narotama dan didepan peserta yang kurang lebih jumlahnya mencapai 250 peserta, kemudian didepan panitia, pemateri dan dosen serta dekan Fakultas Ilmu Komputer kala itu. 
      Perlahan ilmu softskill saya terlatih dari bagaimana cara memimpin, memberikan delegasi tugas kepada rekanan dan team. Saat itu saya yang sebagai Gubernur BEM fasilkom juga merangkap sebagai ketua pelaksana pada seminar "Pemanfaatan Linux pada Implementasi  Dasar Jaringan Komputer". namun saya tidak sendirian, terdapat teman-teman kelas saya saat itu yang juga sebagai pengurus BEM fasilkom beserta panitia yang juga dari pengurus dan mahasiswa yang ingin bergabung dalam acara seminar. Seminar ini dihadiri dari peserta siswa/siswi SMU, SMK dan Mahasiswa dari luar yang sengaja di undang dan dari publikasi melalui media sosial diantaranya. Perserta dari kalangan umum pun juga turut hadir yaitu dari kalangan pekerja atau yang bukan mahasiswa tetapi berminat untuk meraih pengetahuan dengan mengikuti seminar linux ini.
     Sukses tidaknya acara seminar tidak sepenuhnya bergantung pada saya, tapi kerja keras teman-teman team yang saya percayakan menjalani tugas dan peranannya. Saya bersyukur teman-teman team saya saat itu banyak sekali memberikan arahan, masukkan, serta berbagi ilmu tentang organisasi. Setelah seminar ini munculnya kader-kader baru, calon-calon regenerasi  dari mahasiswa baru yang telah ikut seminar ini dan ingin menjadi bagian yang turut juga berperan mensukseskan dan aktif dalam kegiatan BEM Fasilkom. Dari sinilah istilah dan kebiasaan baru di Fakultas Ilmu Komputer terhadap mahasiswa baru setiap tahunnya muncul yaitu pintu regenerasi. dan Alhamdulillah cara ini cukup efektif untuk mengajak regenerasi untuk terlibat dalam kegiatan BEM Fakultasnya. Walaupun cara ini saya belum merasakan ketika saya menjadi mahasiswa baru. Semoga ini menjadi awal untuk menghasilkan kebaikan-kebaikan dari kader-kader baru ditahun-tahun selanjutnya. 
     Dari rangkuman dokumentasi ini semoga bagi para regenerasi BEM Fasilkom terus sukses dan semangat dalam berorganisasi. Kesempatan memperoleh ilmu softskill dan menjadi bagian dari sejarah perjalanan panjang BEM Fasilkom. Jadilah yang bermanfaat.
    Berikut juga adalah beberapa dokumentasi foto yang terangkum dari serangkaian kegiatan program kerja BEM Fasilkom 2013 yaitu seminar pertama dibulan september 2013.

(Foto : Poster Seminar)

(Foto : Registrasi peserta seminar 2013)

(Foto : Proses registrasi peserta seminar)

(Foto : Proses registrasi peserta seminar)

(Foto : Menyanyikan lagu indonesia raya, dan Mars Narotama)

(Foto : Pembicara menyampaikan materi tentang linux dan jaringan)

(Foto : Peserta seminar terbanyak di periode tahun 2013)


(Foto : Pemateri Bp. M. Noor Al Azam, ST,. MMT)

(Foto : Anggota BEM Fasilkom 2013 dan Panitia Seminar 
bersama Pemateri dan Dekan Fasilkom)

(Foto : Kebersamaan Anggota BEM Fasilkom 2013 dan Panitia Seminar 
bersama Pemateri dan Dekan Fasilkom usai acara)


       Terima kasih kepada Allah SWT, kedua orang tua, Universitas Narotama, Direktur Kemahasiswaan, Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Teman-teman Mahasiswa 2011 dan juga pengurus BEM Fasilkom 2013, Panitia Seminar, serta regenerasi BEM Fasilkom karena atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan ini menjadi kenang-kenangan yang tidak akan terlupakan bagi diri saya. Karena ini adalah awal dari sebuah proses-proses yang panjang untuk mengembangkan potensi keilmuan, softskill dan berorganisasi. Sampai sekarang saya masih merasakan dan menggunakan ilmu-ilmu tersebut.

Semoga bermanfaat...Sampai jumpa pada dokumentasi selanjutnya
Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar