Senin, 28 Maret 2016

Membuat Aplikasi Sederhana Android "Text menjadi Suara"


Pada kesempatan kali saya berbagi ilmu kepada teman-teman yang sedang mendalami ilmu tentang pemograman android, biasanya dari teknik informatika atau sistem komputer akan melewati masa dimana mendapati mata kuliah pemograman android. pada dasarnya pemograman android adalah  pemograman yang menggunakan bahasa java dan untuk tampilan menggunakan XML. tapi bagi para pemula jangan bingung dengan berkembangnya teknologi dari masa ke masa, tool atau editor untuk membuat aplikasi semakin mudah dan simpel, diantaranya adalah appinventor. Walau kita tidak handal dalam pemograman java dan xml tetapi kita bisa membuat aplikasi-aplikasi sederhana dan kita jalankan melalui android emulator atau perangkat smartphone kita. 

Bermula pada buku yang dipinjami oleh pak dekan kala itu seusai mengikuti workshop dikampus Universitas Narotama surabaya saya pun penasaran untuk bergegas pulang dan membaca buku tersebut. ternyata buku tersebut adalah buku pemograman android menggunakan android inventor. 2 hari saya baca hingga 90 halaman dengan total sekitar 300 halaman pada buku tersebut membuat saya ingin langsung mencoba editor tersebut dan membuat aplikasi android yang sederhana. akhirnya tidak berlama-lama membuang kesempatan waktu dan bandwith, karena appinventor berjalan di web browser dan online sehingga kita saat membangun atau membuat aplikasi membutuhkan koneksi internet untuk dapat bisa masuk kedalam editor appinventor.

langsung saja berikut adalah hasil percobaan yang berhasil telah saya lakukan dan uji di smartphone android saya.


Gambar diatas adalah GUI (Graphical User Interface) atau bahasa lainnya adalah tampilan dari aplikasi yang saya buat.

Aplikasi yang saya buat adalah aplikasi dimana saat kita menuliskan kata atau kalimat pada textbox yang tersedia, saat kita pilih button ngomong maka android akan mengeluarkan suara dari kata/kalimat yang kita tuliskan tadi..




Gambar diatas adalah block yang dibuat agar menghasilkan aplikasi dari text menjadi suara. Block pada appinventor merupakan alternatif dari cara kita belajar pemograman android yang tidak harus memhami bahasa pemograman java dan xml sepenuhnya. karena appinventor menyajikan seperti kita menyusun puzzle. Cukup simpel dan mudah dimengerti bagi pemula.Setelah terbentuk maka project yang dibuat siap dibuild menjadi apk yang siap diuji coba. 

Untuk apk silahkan download disini

Semoga bermanfaat. 
Selamat belajar dan Terima kasih.


1 komentar: