Jumat, 11 Maret 2016

Membuat Blocking Samba File Sharing "Veto Files" Mp3, Avi, Mkv di Linux






















Pada kesempatan kali ini saya berbagi tentang pengalaman saya mempelajari dan membuat blocking samba pada file sharing di linux. Pada pengalaman yang telah saya lalui saat mengkonfigurasi server yakni pada saat kita menentukan user/client nantinya dapat menyimpan file-file apa saja yang diperbolehkan di server. Pada kasus ini saya memblock file yang tidak boleh masuk/disimpan kedalam server ialah antara lain : mp3, avi, mpg, 3gp, mpeg, mkv, dat dan sebagainya. Sehingga user/client nantinya tidak dapat menyimpan file-file selain konten extension yang telah ditentukan, dengan tujuan servernya hanya dipergunakan untuk menyimpan file-file yang berhubungan dengan pekerjaan seperti dokumen, pdf dan sebagainya.

Caranya :
  1. Pastikan telah ada aplikasi samba pada linux. (Linux server file sharing yang saya gunakan adalah Centos dan Ubuntu)
  2. Backup dahulu smb.conf yang asli bawaan saat install dengan cara mv /etc/samba/smb.conf /etc/samba/smb.conf.asli 
  3. Buka konfigurasi smb.conf dengan cara nano /etc/samba/smb.conf 
  4. Kemudian isikan konfigurasi samba file sharing yang akan dibuat kemudian tambahkan baris seperti pada gambar di atas atau text dibawah.
veto files = /*.mp3/*.avi/*.mpg/*.3gp/*.mpeg/Thumbs.db/Thumb.db/*.mkv/*.dat/*.flv/

Untuk veto files ini tidak case sensitif jadi meskipun extensinya menggunakan huruf besar atau kecil tidak berpengaruh, tetap akan terblock. dan untuk extension di atas masih dapat ditambahkan sebanyak mungkin, untuk pemisah extensi menggunakan (/).Kemudian save smb.conf dan reload service sambanya.

Demikian semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menjadi network administrator linux.
Indahnya berbagi...Terima kasih.

Sumber referensi : Google, dan Forum Linux

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar