Kamis, 04 Februari 2016

Video Sesi Fakultas Ilmu Komputer Saat Masa Orientasi Mahasiswa (MOM) 2013


       Video dokumentasi ini dibuat pada saat 1 minggu menjelang acara sesi fakultas yang diadakan kepada seluruh mahasiswa baru fakultas ilmu komputer Universitas Narotama yang diselenggarakan pada serangkaian kegiatan MOM (Masa Orientasi Mahasiswa) tahun 2013. Video sesi fakultas ini menunjukkan kepada mahasiswa baru fakultas ilmu komputer (Fasilkom) tentang perjalanan kegiatan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) fakultas ilmu komputer dari tahun ke tahun. Saat itu di tahun 2013 tepatnya pada saat video sesi fakultas ini ditayangkan saya sebagai Gubernur BEM Fasilkom atau istilah lainnya adalah ketua BEM Fakultas ilmu komputer periode tahun 2013-2014. Didalam isi video ini terdapat beberapa kegiatan-kegiatan yang didokumentasikan yang ditunjukkan kepada mahasiswa baru fakultas ilmu komputer sebagai calon cikal bakal penerus regenerasi BEM ditahun-tahun selanjutnya. Penayangan video sesi fakultas ini pada hari jumat bulan september 2013.
Dengan video ini dalam serangkaian acara sesi fakultas dari BEM fasilkom untuk mahasiswa baru bertujuan untuk membangun rasa solidaritas, kekeluargaan antar mahasiswa fakultas ilmu komputer dan tentunya sebagai gambaran pada generasi penerus. Sesi fakultas ini dilaksanakan setelah sholat jumat tepatnya pukul 13.00 sampai dengan 14.30 bertempatkan diruang E2.11.Saat itu ruangan dihadiri oleh sekitar kurang lebih 120 mahasiswa baru yang terdiri prodi sistem informasi dan sistem komputer. Pada tahun 2013 belum ada prodi teknik informatika. Dan juga dihadiri oleh pengurus BEM Fakultas ilmu komputer dibantu juga dari beberapa mahasiswa yang menjadi panitia MOM 2013. Dan pada acara sesi fakultas jug dihadiri dan diisi juga dari Dekan fakultas ilmu komputer Bp. Cahyo Darujati, ST,.MT, kemudian dari Kepala prodi sistem informasi Bp. Made Kamisutara, S,kom, M.Kom, kemudian Kepala prodi sistem komputer Bp. Slamet Winardi, ST,. MT dan juga Sekretaris Prodi Bp. Tubagus Purworusmiadi, S.Kom,. MM. Pada sesi Pertama acara sesi fakultas diisi oleh saya langsung yang juga sebagai pembuka acara, dan perkenalan BEM fasilkom yang dipresentasikan oleh saya sendiri, kemudian dibantu oleh ketua pengkaderan fakultas ilmu komputer saat oleh Valentianto untuk mengisi dan pembukaan pendaftaran pengkaderan fakultas ilmu komputer atau istiah lainnya adalah KBA (Kemah Bhakti Akademik) 2013. Kemudian sesi BEM selesai dilanjutkan dengan acara sesi dekan untuk presentasi tentang seputar fakultas ilmu komputer di Universitas Narotama dilanjutkan kemudian presentasi oleh Kaprodi Sistem Informasi dan Kaprodi Sistem Komputer dan terakhir presentasi dari sekretaris prodi. Kemudian setelah selesai semua pembagian formulir pendaftaran pengkaderan fakultas (KBA) kepada masing-masing mahasiswa fakultas ilmu komputer yang hadir diruangan tersebut dibantu juga oleh seluruh pengurus BEM dan penitia KBA yang menghadiri acara sesi fakultas tersebut. Kemudian penutup acara sesi fakultas dengan menayangkan video sesi fakultas ilmu komputer kepada mahasiswa baru dengan harapan dan tujuan untuk memberikan gambaran, wawasan, serta histori dari perjalanan kagiatan mahasiswa fakultas ilmu komputer yang juga pengurus BEM fasilkom 2013 kepada mahasiswa baru agar dapat meneruskan perjalanan dari BEM fakultas ilmu komputer di tahun-tahun selanjutnya.
            Saat itu di penutup acara setelah penayangan video sesi fakultas saya menyampaikan kepada teman-teman mahasiswa baru fakultas ilmu komputer 2013 untuk menjadi mahasiswa yang Out Of The Box yang artinya menjadi mahasiswa yang bukan hanya sebagai mahasiswa yang belajar didalam kelas namun berupaya berusaha menggali potensi selama menjadi mahasiswa untuk pengembangan diri.
            Saya pribadi berharap kepada regenerasi yang membaca postingan ini, semoga regenerasi mahasiswa fakultas ilmu komputer Universitas Narotama terus lebih baik, dari sisi BEM nya,  banyak dari mahasiswa fakultas ilmu komputer yang terlahir sebagai calon-calon pemimpin yang banyak belajar tentang softskill, keberanian berbicara didepan publik, dan memberikan pengaruh dan manfaat yang positif bagi mahasiwa lainnya. Karena selama menjadi mahasiwa adalah kesempatan untuk menggali potensi yang kita tidak ketahui. Seperti misalnya tentang softskill yang kita sendiri tidak tahu memulai belajarnya darimana, namun dari perjalanan kita sebagai mahasiswa disitulah kesempatan kita banyak belajar seiring dengan akademik juga non akademik, belajar memimpin, belajar berfikir kritis, belajar beretika, belajar berorganisasi sebagai pembelajaran kelak kita setelah lulus kita terbiasa dengan ilmu-ilmu yang kita pelajari dari bidang softskill yang di asah saat menjadi mahasiswa, sehingga kita menjadi alumni yang kelak memberikan pesan positif dan menjadi bagian dari sejarah perjalanan fakultas ilmu komputer dan alamater Universitas untuk regenerasi selanjutnya. Semoga selalu sukses untuk BEM Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama. Fasilkom Bisa....

Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi. Sampai jumpa pada cerita pengalaman selanjutnya. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar