Minggu, 28 Februari 2016

Cara Menghilangkan Password pada Sudo Login User Ubuntu 12.04.5

Mulanya saya mencoba menginstall linux ubuntu di salah satu komputer user dikantor yakni ubuntu 12.04.5 LTS menggantikan ubuntu yang sudah lama tidak saya upgrade sebelumnya adalah versi 10.04 LTS. Kemudian seperti biasa fitur yang saya gunakan adalah menghilagkan password saat kita hendak memanggil sudo pada account user ubuntu yang saya gunakan, karena hal itu menurut saya membuat menjadi lama ketika setiap kali sudo harus mengisikan password, akhirnya saya baca-baca di salah satu forum linux ubuntu terdapat caranya yaitu sebagai berikut:
1. Buka dan ketikkan di terminal
sudo visudo -f /etc/sudoers.d/90-cloudimg-ubuntu

2. Tambahkan seperti baris dibawah ini
rdy ALL=(ALL) NOPASSWD:ALL
*Keterangan : untuk "rdy" adalah account komputer ubuntu yang saya buat dan gunakan, Teman-teman silahkan menyesuaikan masing-masing.

3. Simpan yang telah kita tambahkan tadi kemudian jalankan restart service sudo
sudo service sudo restart

Selesai. Apabila tidak terjadi kesalahan maka sudo cukup sekali saat memasukkan password.

Berikut adalah juga yang pernah saya gunakan di ubuntu 14.04 LTS, saya copy dari forum ubuntu.  

In later versions (14.04 for example) the included file is /etc/sudoers.d/90-cloud-init-users (so to edit.. sudo visudo -f /etc/sudoers.d/90-cloud-init-users). Although it'd be cleaner to create additional files than editing the generated one. Note that files containing a . or ending in ~ willnot be included.

Semoga bermanfaat.
Sumber referensi : Forum Ubuntu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar