Rabu, 03 Februari 2016

Motivasi : Pesan untuk Mahasiswa - Anies Baswedan



Video ini saya dapatkan saat saya mengikuti LKMM-TM (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa - Tingkat Menengah), saat itu Direktur Kemahasiswaan Universitas Narotama Surabaya mengisi salah satu materi di LKMM TM yang dilaksanakan pada tanggal 29, 30, 31 Januari 2015 di Desa Claket Pacet Mojokerto. Saat video ini ditayangkan video yang berdurasi 08 menit 29 detik ini sangat bergitu menginspirasi bagi seluruh peserta LKMM TM yang saat itu menyaksikan, termasuk saya yang sangat terasa untuk diri saya sendiri. Saya menjadi teringat masa-masa selama 4 tahun yang lalu dimana saya menjadi mahasiswa S1 Sistem Komputer di Universitas Narotama di tahun 2011, dan pada tahun 2012 saya mulai masuk dalam organasisasi kemahasiswaan di Universitas Narotama yang disebut dengan Student Government.  Saat-saat itu hingga saya dinyatakan lulus dari saat wisuda semua hal masih teringat tentang perjuangan saya mulai menjadi anggota, ketua kegiatan, hingga menjadi gubernur BEM Fakultas atau istilah lainnya adalah ketua BEM, tidak hanya sampai itu menjadi Steering Comitte (SC) pun saya pernah saat saya selesai dari masa jabatan saya sebagai gubernur BEM fakultas Ilmu Komputer periode 2013-2014 kemudian dipilih oleh Kepala Kemahasiswaan saat itu di tahun 2015 untuk menjadi SC dalam kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa (MOM) 2015, sebelum dari itu pada tahun 2014 saya juga pernah dipilih oleh Gubernur BEM fakultas ilmu komputer periode 2014-2015 untuk menjadi SC dalam kegiatan pengkaderan fakultas yaitu Kemah Bhakti Akademik (KBA) 2014. Pengalaman demi pengalamn saya dapatkan. tidak hanya sekali saya belajar memantaskan diri sebagai ketua dalam kegiatan-kegiatan internal kampus, tidak juga hanya sekali saya menjadi SC dalam kegiatan-kegiatan Fakultas, dan Universitas. Hingga pada tahun 2015 saya dipanggil kembali oleh Direktur Kemahasiswaan untuk menjadi salah satu pemateri di kegiatan Universitas yaitu LKMM-TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa - Tingkat Dasar) yang dilaksanakan pada bulan januari tahun 2015 dan bulan november tahun 2015.

Segala hal yang pernah saya dapatkan, alami, merasakan, serta melakukannya menjadi catatan sejarah untuk adik-adik penerus saya. Segala hal yang telah saya lakukan semoga menjadi sesuatu yang bermanfaat pada masa regenerasi yang akan datang, 

Hal-hal yang saya alami sebelum dan sesudah saya mengikuti organisasi di Univiersitas Narotama diantaranya :
1. Dulu saya tidak bisa berbicara didepan umum/publik. Karena proses pembelajaran, latihan serta edukasi dari Direktur Kemahasiswaan yang dengan sabar mengajari saya hingga saya menjadi seperti sekarang. Saya sudah tidak gerogi lagi saat saya mengisi acara-acara atau menjadi pemateri di Universitas Narotama.

2. Ilmu kesabaran saya begitu meningkat, karena mulanya saya sangat tempramental, emosional, dan arogan terhadap suatu keputusan. Karena proses pembelajaran yang saya alami langsung ketika saya terjun sebagai ketua kegiatan, gubernur BEM fakultas, Steering Comitte (SC), hingga menjadi pemateri. Saya banyak belajar dari team saya, rekan antar fakultas, dengan atasan dan menerima saran dari alumni maupun senior saya.

3. Attitute dan sikap saya dulu sebelum aktif di organisasi begitu pemalu. Kini saya banyak belajar dari Direktur Kemahasiswaan tentang bagaimana menghadapi orang lain, gaya bicara, dan gaya bersikap. Alhamdulillah 4 tahun adalah proses yang panjang secara waktu, tapi semuanya tidak terasa membawa saya ke arah yang lebih baik, tentunya dalam hal softskill yang saya miliki saat ini.

Untuk para regenerasi adik-adik kelas saya yang membaca postingan ini. semoga kalian banyak belajar, mau mengembangkan potensi yang kalian tidak ketahui sebelumnya. 

Ilmu tak hanya akademis, tetapi juga non akademis, Attitude berbicara, berifikir dan bersikap adalah bentuk dari hasil proses pembelajaran apabila kita mau mengembangkannya lebih dari sekarang yang kita ketahui dan kita miliki.

Jangan berputus asa, jangan mudah kecentok apabila diluar sana atau bahkan teman-teman atau sahabat-sahabat kita memiliki pola pemikiran yang bertolak belakang dengan kita tentang belajar berorganisasi. Teruslah belajar karena ilmunya akan bermanfaat untuk kita sendiri dan Allah SWT akan meningkatkan derajat kita dengan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemampuan yang kita miliki.

Apabila teman-teman kecentok dengan sikap team, orang lain terhadap hal yang akan kita lakukan, jangan menyerah, itulah tantangannya. karena sejatinya menjadi pemimpin itu lebih banyak dibenci daripada disukai.

Selamat berjuang adik-adikku regenerasi Student Government Universitas Narotama. Kesuksesanmu akan diperoleh bagaimana kalian dapat memaksimalkan potensi selama kalian menjadi mahasiswa,

Saya akan bercerita pada kesempatan postingan lain selanjutnya tentang bagaimana perjalanan saya selama berorganisasi, tentunya lebih lengkap dari perjalanan singkat yang saya jelaskan di atas, 

Terima kasih dan semoga pengalaman ini bermanfaat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar