Senin, 01 Februari 2016

Membuat Launcher Midnight Commander (MC) Open dengan Lxterminal di Lubuntu 12.04.3 LTS


Bermula saat saya membuat remasteran linux lubuntu yang saya oprek sebagai linux yang nantinya akan digunakan standart seluruh user yang menggunakan linux di kantor saya bekerja, linux yang saya gunakan adalah lubuntu 12.04.3 LTS. Lubuntu lebih ringan karena environment yang digunakan adalah LXDE, kalau pada tahun 2010 an saya masih menggunakan standart linux yang akan digunakan oleh user adalah xubuntu 10.04 LTS yang kala itu menggunakan environment XFCE. Tapi saya tidak membahas kenapa ada perubahan XFCE ke LXDE untuk standart linux yang saya gunakan untuk komputer user dikantor, tapi saya membahas, sharing tentang membuat launcher MC agar bisa dengan lxterminal, bukan xterm. karena xterm tulisannya leibh kecil dan dirasa kurang nyaman dibandingkan dengan Lxterminal.

Berikut adalah cara membuat launcher MC Open dengan lxterminal, bukan xterm :
·         Buka terminal dan buat launchernya
·         Ketikkan  perintah, perhatikan pada baris “Exec=lxterminal -e /usr/bin/mc”

[Desktop Entry]
Encoding=UTF-8
Type=Application
Name=NC
Name[en_US]=NC
Icon=uget-tray-downloading
Exec=lxterminal -e /usr/bin/mc
Comment[en_US]=

·         Simpan dan dicoba. Apabila tidak ada kesalahan maka berhasil launcher tersebut dibuat.

Semoga bermanfaat..

Sumber referensi : Forum Linux

Tidak ada komentar:

Posting Komentar