Sabtu, 16 Maret 2013

Reset Password Ubuntu

       Berikut adalah pengalaman saya ketika teman saya meminta bantuan kepada saya untuk mengganti password akunt  root dan home ubuntunya karena lupa akan passwordnya. Karena sebelumnya saya sudah sering baca - baca di ubuntu forum maka kini saatnya mengaplikasikan apa yang saya baca untuk diterapkan.


Cara mereset password ubuntu bisa melalui live cd ubuntu ataupun di pasang di hardisk yang komputer tersebut memakai OS ubuntu juga.walaupun versi apapun tetap bisa. apapun cara yang digunakan, baik menggunakan live cd ubuntu ataupun di pasang di hardisk yang menggunakan ubuntu.

Berikut caranya adalah :
  • Anggap bahwa hardisk yang akan di reset passwordnya telah di pasang di ubuntu live cd atau hardisk ubuntu lain, masuk terminal lihat terdeteksi sebagai /dev/sd berapa.
  • Ketikkan sudo fdisk -l
  • Akan terlihat terletak pada sda ataukah sdb. pada kasus saya adalah /dev/sdb 
  • Mount hardisk yang akan di reset passwordnya ke folder media, ketikkan
  • sudo mount /dev/sdb1 /media
  • sudo chroot /media/sdb1
  • sudo passwd hd_teman  ## hd_teman adalah nama user account ubuntu hardisk yang akan kita reset passwordnya. jadi tinggal di sesuaikan saja. dan selain account user bisa juga reset password account root hardisk yang akan kita reset.
  • sudo passwd root
  • Lalu masukkan password barunya dan lakukan 2 kali.
  • Setelah succesfully reset account user dan account root nya maka sekarang kita buka dan jalankan operating sistem di hardisk yang telah kita reset passwordnya.
Sekian......Semoga bermanfaat.... Terima Kasih........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar