Jumat, 05 Agustus 2011

Simple Scan, XSane Error Aborted

Di tempat kerja saya tedapat dua komputer dengan operating sistem linux yang berbeda, yaitu gnome ubuntu 10.10 dengan xfce xubuntu 10.04 dan terdapat 1 printer scan epson stylus TX111. Awalnya scan tersebut dapat digunakan di kedua komputer linux tersebut dengan aplikasi simple-scan. Tapi entah beberapa bulan  kemudian simple-scan tersebut tidak dapat digunakan dikmputer yang menggunakan ubuntu 10.10, muncul pesan error aborted saat saya memanggil aplikasi simple-scan melalui terminal. Dan saya mencoba untuk mencoba scan tersebut di komputer xubuntu 10.04, dan ternyata hasilnya pun sama dan errrornya pun sama... akhirnya saya mencoba googling di salah satu forum komunitas linux dan sharing juga sama teman sekantor akhirnya ketemu juga. Mungkin teman - teman mengalami hal yang sama seperti saya,,,,,, 

Berikut caranya:
  1. Masuk kedalam terminal dan ketikkan sudo rm /usr/lib/sane/libsane-epson2*
  2. Lalu tekan Y.
  3. Setelah itu install kembali driver scanner iscan untuk linux, yang bisa di download disini
  4. Ekstrak scan.zip, lalu install dengan cara masuk ke dalam terminal dan masuk ke dalam folder scan yang telah kita download tadi lalu ketikkan sudo dpkg -i *.deb
  5. Setelah selesai terinstall kembali iscannya coba kembali aplikasi simple-scannya atau XSane atau aplikasi scan lainnya.
Na,,, akhirnya dengan cara yang cukup sangant mudah ini kita dapat menggunakan scanner kita di operating sistem linux....

Sekian semoga bermanfaat untuk kita semua....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar