Senin, 15 Agustus 2011

Pin Koneksi Kabel VGA Monitor

Koneksi kabel VGA dalam sebuah perangkat komputer sangat penting peranannya, karena bagian ini berfungsi untuk menampilkan output / hasil dari pengolahan data PC untuk selanjutnya bisa kita lihat di depan CRT monitor atau LCD.
Koneksi yang saat ini umum digunakan adalah konektor VGA 15 pin, seringkali kita mendapati kerusakan pada monitor gelap atau tidak timbul gambar atau mungkin juga warna kemerah merahan. Kerusakan kerusakan tersebut selain bisa disebabkan oleh Monitor atau PC juga bisa disebabkan oleh koneksi kabel itu sendiri. Tentu saja kita harus mengukur untuk bisa menganalisa kerusakan pastinya.


Berikut ini merupakan gambar konfigurasi / urutan kaki untuk konektor tersebut, lengkap dengan fungsi masing masing koneksi :


Pin 1,2,3 merupakan pin tegangan output utama RGB yang bila kita ukur adalah sekitar 0,7 V p-p ini merupakan sinyal analog yang mempunyai impedansi 75 ohm . Sedangkan semua pin lainnya adalah sinyal TTL. Semoga posting Koneksi kabel VGA ini bisa bermanfaat, khususnya bagi rekan rekan teknisi.

Semoga Bermanfaat bagi kita semua..... 

2 komentar: