Kamis, 10 Maret 2011

Kelemahan dari Windows Vista


Meskipun baru2 ini perhatian publik diarahkan ke arah produk terbaru dari Windows, yaitu Windows 7 (versi Windows selanjutnya), tampaknya Vista memiliki dua karakter pemakai yang berbeda.

Pemakai jenis pertama dengan senang hati memakai Vista tanpa keluhan apapun. Jenis kedua (dan jenis yang lebih banyak beranggotakan dari kalangan industri komputer) adalah pemakai yang mengkritik dan mengeluhkan setiap kekurangan yang ada di OS tersebut. Beberapa keluhan atas Vista disebabkan oleh pembuatan Vista yang kurang memuaskan, dan kesalahan strategi marketing yang dilakukan Microsoft. Beberapa lagi merupakan reaksi dari gerakan anti Microsoft yang tidak puas atas sejarah, strategi bisnis, taktik dan pengumuman palsu Microsoft.

Dari kalangan industri komputer menyinggung pengumuman palsu oleh Microsoft, pastinya demikian pula bagi Anda, karena ada kalanya Anda sakit hati atas Microsoft telah yang mengeluarkan janji - janji berlebihan dan sama sekali tidak ditepati. Dalam kasus Vista, mereka (Microsoft) mengumumkan 3 "Jurus Sakti" untuk Vista yaitu :

* WinFS = filesystem yang berjanji merevolusioner cara pemakai berinteraksi dengan file di komputer
* Aero = tampilan baru untuk Windows
* Indigo = komponen untuk berinteraksi dengan web services

Vista hanya berhasil memberikan satu dari tiga "Jurus Sakti" di atas, yaitu Aero yang membutuhkan hardware canggih dan melambatkan kinerja komputer. Masih berhubungan dengan tiga "Jurus Sakti" di atas, di bawah ini adalah 13 alasan mengapa Vista tidak diminati:

1. Pemakai dibuat bingung. Sejak awal, pemakai mengeluh tentang banyaknya versi Vista yang dijual. Siapa yang membutuhkan semua varian ini? Yang dibutuhkan hanyalah satu versi sederhana (Home) dan satu versi yang memiliki semua fitur (Pro). Kebingungan ini tampaknya terjadi karena tidak ada karyawan Microsoft yang mengerti strategi pemasaran.

2. Ukuran source code. Terlalu besar, sehingga menyita banyak ruang memori PC pemakai.

3. Kinerja Lambat. Hal ini dikarenakan terlalu besarnya ukuran Source Code

4. Komponen - komponen yang hilang. WinFS, filesystem yang dijanjikan dan salah satu pilar utama Vista tidak datang dengan Vista. Pengembangan filesystem ini dimulai di tahun 1991, dan hingga kini masih belum terselesaikan. Mengapa?

5. Pemborosan baterai laptop. Hal ini seharusnya diperbaiki dengan source code terpisah dan hybrid hard disk (HHD). Tetapi, saat ini pemakai masih harus menggunakan SSD yang sangat mahal.

6. HHD. Beberapa pengguna masih sangat kesal ketika diberi tahu oleh industri HD bahwa keuntungan generasi baru hard disk (HD) akan "membuat semua pemakai pindah ke Vista." Hal ini diumumkan dua tahun yang lalu, dan hingga kini masih belum ada kelanjutannya. Tebakan kurang lebih adalahproduk ini tidak akan bekerja dengan baik, dan masih belum yang dapat menyelesaikan masalah ini.

7. Stiker Vista Capable palsu. Kampanye "Windows Vista Capable" Microsoft adalah sebuah kegagalan marketing yang besar. Banyak komputer dijual dengan stiker "Windows Vista Capable" yang ternyata tidak mampu mengoperasikan Vista.

8. Tampilan tidak begitu membanggakan. Hal ini di karenakan karena hanya ada sedikit perubahan tampilan sehingga tidak nampak "wah" untuk seukuran New Produk dari sebuah perusahaan besar seperti Microsoft

9. Driver yang minim. Cukup mengherankan bahwa semua driver Windows yang ada di XP tidak kompatibel dengan Vista. Apa yang terjadi?

10. Tidak ada saran yang konsisten untuk pemakai, dan Microsoft tidak turun tangan. Beberapa orang mengatakan bahwa anda sebaiknya membeli komputer baru dengan Vista dan tidak melakukan upgrade dari XP, ada yang mengatakan upgrade boleh dilakukan. Microsoft seharusnya membuat sebuah situs khusus yang dapat menguji komputer dari internet dan menyarankan pemakai apakah mereka sebaiknya membeli komputer baru, atau melakukan upgrade.

11. Pemasaran yang tanggung. Tidak seperti peluncuran Windows versi sebelumnya, Microsoft tidak banyak memasarkan Vista. Walaupun ada beberapa poster dan iklan TV untuk Vista, pemasaran Vista tidak dapat dibandingkan dengan peluncuran beberapa versi sebelumnya, di mana mereka berhasil mendapatkan perhatian orang di seluruh dunia.

12. XP mania. Semua orang cinta XP, dan ingin mempertahankan OS ini. Hal ini membuat Vista tampak lebih buruk lagi. Terlebih lagi, banyak sekali laporan yang mengatakan bahwa pemakai kembali menggunakan XP setelah mencoba Vista.

13. Kinerja secara Keseluruhan. Anda tidak seharusnya mengeluarkan sebuah OS baru yang dikembangkan selama lebih dari empat tahun dengan kinerja yang lebih buruk dari OS sebelumnya. Kinerja seharusnya merupakan prioritas teratas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar