Selasa, 23 November 2010

Motivasi dibalik Angka 17-08-45

Merenungkan makna di balik tujuh belas Agustus empat lima yang baru saja kita lewati, saya pun jadi terinspirasi menuliskan makna di balik angka-angka tersebut bagi kemajuan hidup kita. Mari kita bicarakan arti di balik angka-angka keramat tersebut. 
Angka 17
Angka tujuh belas selalu identik dengan dewasa. Ingatlah bahwa ketika memasuki angka tujuh belas, orang berhak memiliki KTP, berhak ikut pemilu. Kaum muda kita merayakan sweetseventeen. Juga, ketika memasuki usia ini, ada film-film serta buku yang memang hanya dibatasi untuk usia 17 ke atas (ada yang bilang..."akhirnya!"). Begitulah, usia 17 identik dengan kematangan dan kedewasaan. Jika Anda telah berusia 17 tahun ke atas, Anda mestinya telah menjadi mandiri. Mungkin, kita belum bisa seperti di negara Barat, di mana biasanya pada usia di atas 17 mereka bahkan sudah mandiri secara finansial. Minimal, setelah usia 17 ini kita harus mulai belajar mandiri dalam membuat keputusan, tidak kekanak-kanakan, tidak mudah mengeluh, dan belajar bertanggung jawab atas kehidupan kita.Secara psikologis, angka 17 sebenarnya mengingatkan kita bahwa sebentar lagi, Anda akan hidup sebagai manusia yang terlepas dari orang tua serta mulai berdikari. Artinya, kalau sampai pada usia ini atau setelahnya, Anda masih sangat bergantung, merengek, sedikit kesulitan saja mundur, tanggung jawab atas hidupnya masih diambil alih oleh orangtua. Artinya Anda belum mature. Dengan kata lain, mentalitas Anda tidak berkembang selaras dengan usia fisik Anda. 
Angka 8
Angka delapan adalah simbol dari keberuntungan dalam keyakinan beberapa kelompok etnis tertentu. Namun, keberuntungan itu sendiri selalu berarti kerja keras. Karena itulah, tidak henti-hentinya, saya mengutip kalimat Anthony Robbins yang mengatakan, "Luck is when preparation meets opportunity". Jadi, setelah usia ke-17, tahapan berikutnya adalah menciptakan luck dalam kehidupan kita. Bagaimana caranya? Dengan persiapan dan komitmen yang luar biasa untuk mengembangkan diri. Di sinilah, akhirnya kesempatan akan muncul di depan kita.Bersyukurlah kalau ketika kesempatan tiba, kita telah mempersiapkan diri dengan baik. Namun, ketika kita hanya bermalas-malasan, terlalu lembek dengan kehidupan kita, maka akhirnya kehidupan menjadi sangat sulit.
Saya teringat dengan kalimat Zig Ziglar yang akhirnya banyak dikutip oleh para motivator, "Jika kita keras dengan kehidupan, kehidupan akan lembut kepada kita. Namun jika kita lembek dengan kehidupan, kehidupan pun akan menjadi keras kepada kita". Jadi, jangan berharap kehidupan yang indah akan turun begitu saja dari langit, Anda harus melakukan usaha untuk "menurunkan"nya. 
Angka 45
Angka empat lima, adalah simbol pencapaian sekaligus refleksi dalam kehidupan kita. Ini adalah lampu kuning dalam kehidupan kita. Pada usia inilah kita mulai ditantang untuk melihat seberapa jauh impian-impian serta hidup kita telah dioptimalkan. Jangan-jangan sampai pada usia ini, Anda masih terus berpikir, "Ah, nanti saja" atau "Masih banyak waktu".
Pada angka ini mestinya Anda mulai melihat adanya pencapaian, perwujudan potensi yang membuat Anda cukup optimistis dengan apa yang telah Anda lewati. Jika belum banyak yang Anda` realisasikan, saatnya bagi Anda untuk tancap gas, lebih bersungguh-sungguh serta 'take massive action' (mengambil tindakan besar/masif yang luar biasa). Sebab, kalau pada usia ini pun Anda belum melakukannya, ada kemungkinan Anda tidak akan pernah lagi mewujudkannya.
Ingat di usia ini belumlah terlambat. Hanya lampu kuning agar Anda lebih efektif menggunakan waktu Anda. Agar Anda lebih fokus serta lebih serius memikirkan kehidupan Anda. 
Di antara angka 17 dan 45
Saya teringat sebuah kisah berjudul 'THE DASH', tentang seseorang yang mengunjungi makam sahabatnya. Dia tidak pernah menduga bahwa sahabatnya akan meninggalkannya lebih dulu dengan begitu cepat dan dalam usia yang masih sangat muda. Saat dia mengunjungi makam sahabatnya itu. Dia melihat ada nama lengkap, lalu di bawah namanya ada tulisan tanggal lahir dan tanda minus kecil (tanda 'dash') yang diikuti dengan tanggal meninggalnya. Saat itu, dia begitu terkesan dengan tanda minus kecil (-) yang ada di antara tanggal lahir dan tanggal kematian sahabatnya itu. Sebab, di antara tanda inilah terdapat makna kehidupan yang sesungguhnya dijalani oleh temannya tersebut. Itulah masa-masa di mana kita memberikan kontribusi. Lebih dari itu, berarti waktu kita sudah selesai, sudah berakhir.
Begitu pun, di antara usia 17 dan 45 yang kita bahas di atas, seharusnya akan menjadi masa yang kita isi dengan mengerahkan segenap tenaga kita. Inilah sebenarnya usia produktif kita. Janganlah kita menunda-nunda. Jangan lah berkata "Ah, tunggu nanti saja". Sebab, kenyataan menunjukkan jika pada usia produktif ini, kita tidak melakukannya, mungkin di berikutnya, kita tak akan pernah melakukannya. Kalimat inspirasional dari Bruce Lee mengingatkan kita dengan baik, tatkala dia berkata, "Bukan seberapa lama Anda hidup tetapi bagaimana Anda mengisi kehidupan Anda itulah yang penting". Bruce Lee pun menunjukkan dalam hidupnya. Meskipun dia mati muda, tetapi Bruce Lee mencapai banyak hal dalam hidupnya yang menjadi kontribusinya bagi dunia, khususnya di dunia bela diri (martial arts).
Nah, pertimbangkanlah mengenai angka-angka keramat yang diinspirasikan dari tanggal kemerdekaan kita yakni 17, 8, dan 45. Bagaimana kita mengisi kehidupan kita dengan usia yang sudah kita jalani? Puaskah kita dengan apa yang telah kita capai?
Jika Anda berusia di bawah 17 tahun, ini menjadi renungan bagi Anda bagi masa depan Anda nanti. Jikalau Anda berusia lebih dari 45, ketahuilah ini menjadi lampu kuning bagi Anda bahwa waktu produktif Anda semakin redup. Sementara bagi Anda yang berusia 17 hingga 45, life to your fullest, gunakan potensi Anda seluas-luasnya. Itulah masa terbaik bagi Anda untuk belajar, berkarya serta menunjukkan potensi-potensi Anda!
Tetap Semangat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar