Jumat, 16 Maret 2012

Remote Host Identification has Changed - Error SSH

Review singkat :

SSH yang merupakan singkatan dari Secure Shell adalah sebuah protocol network yang memungkinkan data di pertukarkan melalui sebuah kanal yang aman antara dua komputer. Satu unsur di dalam SSH yang memberikan jaminan keamanan dan integritas data adalah enkripsi. SSH menggunakan kunci publik (public-key cryptography) untuk mengautentikasi komputer yang akan melakukan pertukaran data. Pada web hosting, SSH biasanya digunakan untuk masuk ke server hosting dan mengeksekusi perintah - perintah tertentu secara remote (jarak jauh) dari komputer pelanggan sendiri. Dengan SSH pelanggan dapat mengedit file, menghapus, membuat file baru, memindahkan lokasi file dan hal - hal lain. Selain itu SSH memungkinkan transfer data (upload / download) menggunakan protokol SFTP (Secure FTP) dan SCP (Secure Copy).

Kali ini saya membantu share pengalaman error saat SSH.

Ada sebuah server dengan IP 192.168.0.234 dan sebuah komputer desktop dengan IP 192.168.0.120. keduanya menggunakan OS linux. yang server centos 5, sedangkan komputer desktop menggunakan OS ubuntu 10.04 LTS. Saat saya meremot sistem yang ada di server ini dengan SSH dan berjalan lancar. Saat seketika kemudian ada komputer kedua yang saya coba sebagai komputer server. Saya pindahkan ip yang di pake di server ke komputer kedua, dengan menggunakan OS yang sama centos. Lalu saya coba remot sistem komputer tersebut dengan SSH, dan ternyata error seperti gambar di bawah ini..


Jika ada teman - teman yang mengalami hal yang sama, berikut solusinya :
  • Buka terminal / console
  • ketikkan sudo rm ~/.ssh, dan enter...
Maksud dari peringatan warning tersebut adalah : Saat saya men SSH server dengan IP 192.168.0.234 dengan menggunakan komputer saya dengan IP 192.168.0.120, saat setelah berhasil masuk SSH, key SSH yang di server dengan IP 234 tadi dicatat di key SSH komputer OS ubuntu saya. Jadi setelah itu saya meremot komputer deskop lain yang saya pindahkan IP 234 di server ke komputer desktop tersebut dan saya remot melalui komputer ubuntu saya dengan IP 120 error. karena key yang dibaca beda dengan key yang telah tercatat di SShH komputer saya. jadi perintah konsole tersebut meremove key yang ada di konfigurasi komputer saya. begitu.....

Sekian..Terima Kasih...

Semoga Bermanfaat...>>>>>

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar