Kamis, 27 Oktober 2011

Selamat Ulang Tahun Web Ke-20 ! ! !


Pada tanggal 6 Agustus 20 tahun yang lalu, Web pertama kali diperkenalkan ke publik. Pengembangan web sindiri dimulai pada tahun 1980 oleh, Tim Berners Lee seorang kontraktor lepas di European Organization for Nuclear Research (CERN) dengan membuat sebuah program database yang memakai konsep dari hypertext. Pada Maret 1989, melihat masalah dalam pendistribusian data kepada fisikawan diseluruh dunia yang tergabung dalam CERN, Berners-Lee membuat proposal tentang "a large hypertext database with typed links" yang tidak populer. Namun bos dari Berners-Lee, Mike Sendall mendukung ide tersebut dan menyuruh Berners-Lee untuk mulai mengimplementasiakan idenya pada workstation NeXT yang baru saja didapatkan. Dia memikirkan nama bagi sistem barunya tersebut seperti Information Mesh, The Information Mine (ditolah karena jika disingkat menjadi TIM, namaBerners-Lee) atau Mine of Information (ditolah karena jika disingkat menjadi MOI yang artinya "Me" dalam bahasa perancis), sebelum mantap memakai World Wide Web.

Berners-Lee bertemu dengan Robert Cailliau yang kemudian menulis ulang proposalnya pada bulan November 1990 untuk meminta dana kepada CERN. Pada Natal 1990, Berners-Lee membuat semua perangkat yang dibutuhkan untuk membuat web yaitu the HyperText Transfer Protocol (HTTP) versi 0.9, HyperText Markup Language (HTML), web browser pertama yang juga berfungsi web editor bernama WorldWideWeb, software HTTP server pertama yang nanti dikenal dengan CERN httpd, web server pertama (Welcome to info.cern.ch) dan halaman web pertama yang yang mendeskripsikan tentang proyek tersebut.

Browser tersebut juga mampu mengakses protokol Usenet dan FTP, walau hanya mampu berjalan di komputer NeXT. Nicola Pellow adalah orang pertama yang membuat sebuah text browser sederhana yang hampir mampu berjalan disemua komputer bernama Line Mode Browser. Pada 6 Agustus 1991, Berners-Lee memposting sebuah summary pendek dari proyek World Wide Web di alt.hypertext newsgroup. Tanggal tersebut akhirnya ditandai sebagai tanggal diperkenalkannya Web ke publik.

Untung saja Berners-Lee tidak mempatenkan penemuannya tersebut (jika dia melakukannya saya yakin dia akan menjadi orang terkaya di dunia sekarang). Bisa kita lihat betapa pesatnya perkembangan web dalam 20 tahun. Mungkin saat ini kita tidak dapat membayangkan bagaimana jika tidak ada web, karena tiap hari pasti kita berselancar di web.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar