Kamis, 11 Maret 2010

Merubah .rpm menjadi .deb

Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi petunjuk cara merubah paket instalan yang berekstensi .rpm untuk bisa di jalankan atau di install di ubuntu. semisal driver printer canon ip1600 yang kita ingin install di ubuntu, tetapi kita mendapatkan paket instalan yang kita download di internet adalah paket .rpm atau biasa disebut dengan paket format installan dari distro linux turunan dari FEDORA, antara lain PC LINUX OS, MANDRIVA dan lain - lain. sedangkan distro linux yang kita gunakan dan yang kita inginkan untuk di install adalah di ubuntu yang paket formatnya adalah .deb .nah..... teman - teman sekalian jangan bingung, itu semua bisa di atur atau di konversi menjadi format ekstensi paket .deb atau juga biasa dikenal mengalienkan paket tersebut.


Caranya adalah....
1. buka terminal atau console.
2. ketik sudo apt-get update.
3. lalu ketik sudo apt-get install alien
4.setelah proses instalasi selesai...... kita masuk ke direktori dimana kita telah mendownload paket instalan driver printer tadi.
Umpama letak direktori paket instalan tadi berada di /home/user/Desktop.
kali ini saya menyimpan hasil download driver tadi di Desktop dan folder tersebut bernama driver IP2200, jadi..
- ketik cd /home/user/Desktop/driver IP2200
- lalu kita ls -al (apakah paket - paket tadi yang kita download berada di dalam folder driver IP2200)
- lalu sekarang saatnya meng-’alien’-kan paket .rpm tersebut ke paket .deb
- ketikan sudo alien cnijfilter-common-2.60-3.i386.rpm cnijfilter-ip2200-2.60-2.i386.rpm
- jreng - jreng setelah proses lalu kita lihat didalam folder driver IP2200 tadi yang sebelumnya tidak ada paket yang berekstensi .deb sekarang bertambah dengan nama paket yang sama tetapi ekstensi formatnya berbeda yaitu .deb
- begitu juga lainnya kita lakukan sama seperti cara diatas, sehingga dari paket - paket tersebut yang berekstensi .rpm berubah menjadi .deb . Lalu paket - paket  yang berekstensi .rpm tadi kita hapus karena yang kita gunakan untuk proses instalasinya adalah menggunakan paket - paket yang telah kita alien kan tadi .deb .

Mungkin ini dari saya semoga bermanfaat bagi yang ingin mencobanya...
Selamat Mencoba....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar