Kamis, 18 Maret 2010

Hilangkan Daftar add remove program pada Windows


Halo rekan - rekan sekalian,,,kita sering sekali menginstall program baru di komputer kita dengan tujuan hanya untuk mencoba program tersebut. Oleh karena banyaknya kita menginstall program maka tidak terasa ruang hardisk yang tersisa di komputer menjadi sedikit. Selain itu juga, ada kalanya program yang kita install fungsinya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk mengembalikan ruang hardisk tersebut, kita mesti menguninstall atau menghapus beberapa program yang tidak sering kita gunakan atau program yang fungsi tidak sesuai dengan yang kita harapakan.

Namun kadang-kadang, banyak sekali program yang kita uninstall masih terlihat di daftar Add/Remove Programs. Padahal program tersebut telah kita unsinstall atau hapus dari komputer kita. Apa yang terjadi? Hal ini disebabkan oleh uninstaller dari program tersebut masih memiliki bugs sehingga uninstaller tersebut tidak menghapus sebuah key di registry yang berhubungan dengan daftar Add/Remove Programs. Mungkin disebabkan program tersebut masih dalam versi beta. Tetapi tidak menutup kemungkinana juga pada program yang full version masih terjadi hal seperti itu.

Trus bagaimana solusinya? Gampang saja. Kita tinggal menghapus key yang saya sebutkan tadi di registry. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik Start => Run.
  2. Pada kotak dialog Run ketik regedit dan tekan Enter.






     


    3. Setelah itu akan muncul jendela Registry Editor. Masukkanlah ke key HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall.

    4. Kemudian hapuslah folder dari nama Program yang ingin Anda hapus dari daftar Add/Remove Programs. Yaitu dengan klik kanan folder dan klik Delete. Atau dengan menekan tombol delete pada keyboard.





     

    Nah semunya telah selesai. Kini cobalah buka Add/Remove Programs di Control Panel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar