Minggu, 03 Juni 2012

Menggunakan Redirection di Linux

Apa itu "Redirection" ???

Redirection adalah Redirection adalah proses mengalihkan output dari suatu perintah yang kita lakukan pada media lain, bukan ditampilkan pada layar monitor. Media tersebut bisa berupa file, printout yang berasal dari printer, dan media lainnya. Sebagai contoh misalkan kita ingin melihat output atau laporan dari device usb yang ada atau tersedia di komputer kita dengan menggunakan perintah lsusb, maka output yang ditampilkan pada layar terminal akan terlihat seperti di bawah ini.

Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 001 Device 002: ID 80ee:0021 VirtualBox USB Tablet
nah untuk menyimpan hasil dari perintah lsusb tersebut pada suatu file maka digunakan proses yang bernama redirection ini.

Berikut penjelasannya :

1. Misalkan kita ingin menyimpan output dari perintah lsusb dengan nama output.txt, maka perintahnya adalah :

lsusb > Desktop/output.txt
perintah diatas akan membuat file baru di desktop yang berisi output dari perintah lsusb dengan nama file output.txt, jika file output.txt sebelumnya sudah ada maka secara otomatis akan diganti (replace) dengan yang baru.
2. Misalkan kita tidak ingin mereplace hasil dari output perintah lsusb sebelumnya, maka gunakan perintah berikut
lsusb >> Desktop/output.txt

opsi  >> akan menambahkan isi di bawahnya dari file output.txt

* Jadi bisa berfungsi dan bermanfaat ketika kita menjalankan perintah CLI (Comand Line Interface) di linux dengan hasil yang list output yang banyak, seperti perintah find. Kita bisa mengoutputkan hasil perintah tersebut ke dalam file berupa txt.

Semoga Bermanfaat,,,,
Selamat Mencoba....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar