Senin, 28 Mei 2012

Apa Itu SUDO di linux


Sewaktu pertama kali menggunakan Ubuntu ada hal yang aneh, yaitu tidak bisa menggunakan akun root. Bagaimana bisa menggunakan akun root, pada waktu proses instalasi saja tidak ada set password untuk akun root. Secara default memang Ubuntu tidak menginzinkan untuk menggunakan akun root. Sebagai alternatifnya bisa menggunakan sudo.

Sudo adalah program yang terdapat di keluarga UNIX yang digunakan untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root. Dalam istilah jawa itu bisa dikatakan "kulo nuwun". Sudo hanya dapat digunakan oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers. Pada saat dijalankan sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut, tetapi bisa juga dibuat untuk meminta password root atau tanpa password sama sekali. Secara default password yang dimasukkan tadi akan disimpan dan anda tidak perlu lagi memasukkan password jika menggunakan sudo.

Kenapa Harus Menggunakan Sudo?

Di keluarga Unix ada super user yang namanya root. Super user ini dapat melakukan apapun terhadap sistem. Melakukan pekerjaan umum dengan menggunakan akun root ini mempunyai resiko yang berbahaya karena jika salah mengetikkan maka akan dapat merusak sistem. Baiknya untuk pekerjaan umum kita menggunakan akun biasa dan menggunakan akun root jika memang sangat diperlukan. Untuk itu sudo diciptakan agar akun biasa dapat menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root tanpa harus login lagi dengan akun root. Sudo juga mencatat setiap perintah yang dijalankan dengan menggunakan sudo dan menyimpannya di file /var/log/auth.log. Ini memudahkan kita untuk melakukan track back suatu saat nanti.

Untuk menggunakan sudo, gunakan sudo di depan perintah.

Contoh:

sudo apt-get install

Untuk menjalankan aplikasi graphis yang membutuhkan hak akses root di Gnome gunakan gksudo dan untuk KDE gunakan kdesu.

Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar