Jumat, 27 Mei 2011

Backup Semua Aplikasi yang telah Terinstall di Ubuntu

Sebagaimana kita ketahui bersama, sebagian besar aplikasi di Ubuntu berasal dari file *.deb yang diinstal dengan package manager entah yang berbasis Terminal seperti apt atau yang berbasis GUI seperti Synaptic, USC, GDebi, dan lain-lain. Kita dapat dengan mudah menginstal aplikasi di Ubuntu jika memiliki koneksi Internet, nah, bagaimana jika kita ingin menginstal aplikasi yang sama di komputer lain misal komputer teman atau saudara kita, sementara file *.deb sudah dihapus dan komputer teman kita tersebut tidak ada koneksi Internet??? sebelumnya ganti dulu source list ubuntunya dengan source list lokalltelkom, seperti postingan saya sebelumnya tentang source list lokal ubuntu 10.04 ..
Trik kali ini menggunakan "dpkg-repack" dan "fakeroot" yang bisa diinstal dengan mengetik perintah berikut di Terminal atau konsole :

sudo apt-get install dpkg-repack fakeroot  
Kemudian buat sebuah folder penampungan file *.deb yang akan dihasilkan oleh "dpkg-repack". Buka Terminal dan ketik:

  1. cd ~  
  2. mkdir ~/dpkg-repack  
  3. cd ~/dpkg-repack  
Folder telah dibuat dan kalian sudah masuk di dalamnya. Lalu, ketik perintah berikut di Terminal:
fakeroot -u dpkg-repack `dpkg --get-selections | grep install | cut -f1`  
Perintah terakhir ini akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung aplikasi ap saja yang telah terinstall di ubuntu anda.
Jika semua proses telah selesai dan berjalan lancar, kalian akan mendapatkan file *.deb dari aplikasi yang terinstal di folder "/home/username/dpkg-repack". Nah, sekarang kalian bisa memindah file-file *.deb tersebut ke flashdisk atau media penyimpanan lain untuk diinstal di komputer lain dengan perintah berikut: 
sudo dpkg -i *.deb   
Sekian semoga bermanfaat bagi kita semua.. ... .. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar