Rabu, 07 April 2010

Mematikan Autorun dengan gpedit.msc di Windows

Menjalarnya virus karena si virus mempunyai autorun yang berjalan otomatis tanpa kita sadari ketika windows sedang running. yang paling sering kita temui yaitu pada flash disk,,, biasanya kita tidak sadar dan kurang mengetahui apa saja isi yang ada di dalam flasdisk kita tersebut setelah kita colok2an di berbagai komputer atau laptop teman kita, termasuk juga virus2 tersebut. ketika kita mencolokkan flashdisk ke dalam komputer teman kita sedangkan flashdisk kita tadi telah ada virus tersebut, semisal confiker, harry potter dan masih bnyak lagi yang lainnya. maka ketika windows mengenali ada hardware baru yang masuk maka windows akan membuka / menyodorkan printah commandnya melalui autorun... jika flashdisk kita tadi yang ada virusnya berupa autorun tadi maka secara otomatis virus2 yang ada di flash disk tadi akan tercopy dan terinject ke sistem windows komputer tersebut.akhirnya dengan begitu saja virus2 tersebut cepat menganak pinak ke dalam komputer tersebut, apalagi komputer windows tersebut tidak dalam keadaan kurang baik. jadi untuk mematikannya kita bisa memanfaatkan gpedit.msc yang ada di windows. caranya :

1. Buka Run, lalu ketikkan gpedit.msc 



2. klik Computer Configuration, klik Administrative Templates.Untuk Windows XP, klik System dan untuk Windows Vista, klik Windows Components lalu Autoplay Policies. setelah itu klik-kanan Turn off Autoplay, lalu klik Properties.




langkah terakhir klik Enabled, lalu pilih All drives setalah itu OK dan restart komputernya.....

  

Cirinya setelah kita mendisable autorun tadi adalah ketika kita menancapkan flashdisk kedalam komputer yang telah di disable autorun nya... maka tidak akan keluar command openwith pada startup ketika windows telah mengenali flash disk tersebut....

Selamat Mencoba,,,
Semoga Bermanfaat....






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar