Rabu, 10 Februari 2010

Atasi Lampu Berkedip Pada Printer CANON PIXMA

Servis Printer Canon Pixma Sendiri...........

Memiliki Printer Pixma ini mungkin banyak diantara kita yang merasa kecewa karena telah membelinya, Benar… printer ini pengoprasiannya dibatasi hingga batas tertentu, Sehingga jika sudah mencapai batas yang telah diakumulasikan ini printer akan berhenti mencetak dengan kata lainnya BLINGKING dan mau tidak mau anda harus membawanya ke Service Center untuk memperbaikinya!

Bayangkan… di saat anda sangat membutuhkan mesin pencetak bisa berjalan dengan baik, printer anda ngadat, terjadi BLINK! Itu masih beruntung karena masih bisa diservice mode, lebih celakanya lagi… printer terus saja nge-BLINKING setiap mau dipakai. Semua data hasil jerih payah anda sia-sia karena tidak bisa dicetak hari ini juga.

Memperbaiki sendiri printer yang rusak “Waste ink tank full” CanonType I / Ip series
Kerusakan klasik untuk printer merek Canon adalah mati-total atau matot, lampu printer berkedip dengan warna hijau-oranye bergantian, saat ngeprint ngadat dan mengeluarkan pesan “Waste ink tank full”.Tipe kerusakan tersebut kebanyakan sama, dan penyebabnya karena penampung buangan tinta “berbentuk gabus” telah jenuh “waste ink tank full”. Untuk tipe printer canon memang penampung buangan tinta hanya terdiri dari gabus yang diletakan biasanya di dasar komputer.
Dengan teknologi flow system atau istilah kerenya printer di infus, membuat mudahnya dalam pengisian tinta. tanpa takut lagi kehabisan tinta saat mencetak. Kadang kala tinta tidak mengalir, atau tinta mengalir namun print head tidak mengeluarkan tinta. Solusi untuk ini biasanya dengan melakukan cleaning head lewat mintenance. Sebenarnya dengan melakukan cleaning print head kita telah menyedot tinta dan jika berlebih akan di buang di penampung.

Jika kerusakan telah terjadi, langkah yang harus kita ambil adalah mereset printer (istilahnya). Tujuan mereset printer adalah menghapus informasi tentang kondisi yang ada di printer, termasuk “waste ink tnk full”. Mereset printer ada dua metode: secara manual dan secara program. Untuk printer canon I / Ip series memerlukan kedua-duanya (manual dan software)


Cara manual untuk Printer Canon ip 1880 / 1980 :

• Cabut kabel power sambil bersamaan dengan menekan tombol power
• Setelah kabel power tercabut tetap pada posisi menekan tombol power tadi
• Lalu, tancapkan kembali kabel power ke printer (tetap posisi menekan tombol power printer)
• Lalu lampu power yang berwarna hijau hidup, selanjutnya tekan tombol resume yang bewarna orange (tekan secara bergantian setelah tombol power lalu tekan tombol resume)
• Setelah menekan tombol resume kemudian lepas
• Tekan kembali tombol power
• Lalu lepas tombol powernya.
Langkah tersebut adalah mereset printer secara temporary (bila listrik di cabut masalah timbul lagi), dan terdeteksi sebagai hardware baru.Untuk menyelesaikan sampai tuntas perlu di reset permanent dengan software,
Begitu juga untuk seri atau merek yang lainya juga prinsipnya sama, yang berbeda mungkin hanya langkah dan softwarenya saja.

Semoga bisa membantu kesulitan anda.....khususnya bagi kalian yang belum mengetahui tentang erorr di waktu ngeprint,,
kalau ingin tanya-tanya seputar blingking printer canon pixma tinggal kirim em@il za di alamat
rudysetiawan43@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar