Sabtu, 06 April 2013

Membuat Inputan Menu dengan Array di Netbeans

Saya mencoba belajar dan sharing tentang bagaimana membuat menu dengan inputan menggunakan array di netbeans IDE. saya membuat menu spare part komputer. Nah sudah cukup basa-basi nya mari kita mulai. Algoritma dasar program ini ialah Anda memilih menu > lalu program bertanya, apakah ingin memesan lagi atau tidak > jika ya, akan kembali ke pemilihan menu > jika tidak, maka program akan selesai, dan pada akhirnya menampilkan total harga yang harus dibayar pelanggan. Berikut adalah gambar script nya :

 IMPORT CLASS


Kita mengimport class lain karena di program ini kita akan menggunakan script untuk input ke keyboard yaitu BufferedReader dan Scanner. Untuk pengguna NetBeans, biasanya akan muncul opsi untuk mengimport class lain (missal java.io.BufferedReader) jika anda telah menggunakan BufferedReader.
TAMPIL MENU DAN INISIALISASI VARIABLE
    Nah pada baris script di atas, yang kita lakukan hanyalah menginisialisasi variable dan menampilkan daftar menu yang akan dipesan nanti. Sedikit penjelasan saja, saya meng inisialisasi a sebagai media penempatan untuk array menu dan harga. Sedangkan untuk array menu dan harga, saya inisialisasikan sebanyak 6 kolom. Untuk daftar menu nya, anda bisa buat sendiri sesuai dengan selera.
PROSES PENGULANGAN DAN SELEKSI

Kita disini menggunakan pengulangan While, karena kita tidak tahu seberapa banyak pengulangan nantinya, jadi kita setting. Selama user masih menginputkan Y atau y untuk memesan, maka selama itulah pengulangan akan terus berjalan. Sedangkan untuk variable keputusan sendiri, sudah kita inisialisasi kan di awal dengan nilai Y. sehingga meskipun user belum menginputkan Y ata T, tapi pengulangan akan berjalan pada pertama kali running.
                Nah lalu apakah a dan untuk apa ?
                a disini kita gunakan untuk penomeran saat menginputkan nilai ke Array. Contoh pada saat pertama kali pengulangan “I” bernilai 0, maka pada saat di inputkan oleh user, akan masuk ke Array row/column yang ke 0. Begitu pula seterusnya, karena pada akhir pengulangan, nilai a ditambah (Increament). Jadi mungkin bisa dibilang, penggunaan Array disini untuk menyimpan data, maksudnya data pesanan dan harga yang dipilih user tadi, sehingga pada akhirnya bisa dijumlahkan.
PROSES PENAMPILAN DATA, TOTAL HARGA DAN JUMLAH PESANAN
Nahh, sampailah kita pada tahap terakhir, yaitu penampilan data yang telah user inputkan. Yang kita akan tampilkan ialah jumlah part yang dipesan, partapa saja yang dipesan dan total harga yang harus dibayar. Apa harus sebanyak itu ya ? hmm menurut saya sih iya. Karena sebisa mungkin kita sebagai Programmer harus membuat program yang user friendly. Back to topic, kita akan menampilkan nilai dari array yang telah di inputkan tadi. Kita bahas satu-satu. Untuk Menu yang anda pesan.
                Pada tampilan pertama ada script
System.out.Println(“Part yang Anda Pilih Adalah    : “+a);
Kenapa ditambahkan a ? Karena I adalah jumlah pengulangan yang telah kita lalui tadi dan berarti juga jumlah a = jumlah makanan yang dipesan, Lalu dibawah script tersebut ada pengulangan dengan for. Kita bisa lihat a dijadikan sebagai parameter lah istilahnya untuk menghentikan pengulangan. Lalu dibawahnya kita panggil satu-satu nilai dari Array tadi, dan kita gunakan x untuk mengisi column array yang akan dipanggil nilainya, sama seperti fungsi a pada pengulangan pertama tadi, namun tujuan kali ini untuk menampilkannya.
Pada pengulangan selanjutnya kita akan menjumlahkan hasil pesanan user tadi. Sama juga menggunakan Array. Dan setelah keluar dari blok pengulangan, program akan menampilkan hargatotal yang harus dibayar user.
Setelah panjang lebar kita bergulat dengan penjelasan. Bagaimanakah hasil dari running program tersebut. Ini dia : (Running lewat NetBeans)
Demikian..Semoga bermanfaat...link souce code download disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar